WASPADALAH – Warga Hongkong Dilarang Sentuh Ikan Basah, Ada Bakteri Berbahaya

Advertisements

Wakil Presiden Masyarakat Penyakit Menular Hong Kong, Wilson Lam, mengatakan kepada program RTHK bahwa wabah itu mengkhawatirkan dan orang-orang harus memakai sarung tangan saat menangani ikan.
Specimen ikan basah. Sumber Foto RTHK

HONGKONG, HALAMANSEMBILAN.COM – Otoritas Kesehatan di Hongkong menghimbau warganya termasuk buruh migran yang bekerja di Hongkong agar menghindari menyentuh ikan mentah saat berbelanja di pasar basah.

Pasalnya, hari Kamis (21/10/2021) kemarin, otoritas kesehatan Hongkong telah mengidentifikasi puluhan orang jatuh sakit akibat wabah bakteri setelah berbelanja ikan basah di pasar.

Pusat Perlindungan Kesehatan mengatakan dari hasil analisis dan pemeriksaan di laboratorium, menunjukkan bahwa di antara 79 pasien yang dites positif patogen Streptococcus Grup B invasif, 32 memiliki sumber infeksi yang sama.

Mereka semua yang berusia antara 31 dan 87 tahun mengaku telah menangani ikan air tawar.

Sampel lingkungan dan ikan yang dikumpulkan dari pasar yang dikunjungi beberapa pasien dinyatakan positif patogen dengan urutan genetik yang sama.

Wakil presiden Masyarakat Penyakit Menular Hong Kong, Wilson Lam, mengatakan kepada program RTHK bahwa wabah itu mengkhawatirkan dan orang-orang harus memakai sarung tangan saat menangani ikan.

Advertisements

“Masyarakat harus berhati-hati. Jika mereka mengalami gejala seperti peradangan dan demam setelah menangani ikan air tawar, mereka harus segera memeriksakan diri ke dokter,” kata Wilsom Lam, sebagaimana dikutip dari migranpos.com..

Sementara itu Ketua Kamar Pedagang Makanan Laut Hong Kong, Lee Choi-Wah, mengatakan bahwa orang tidak perlu menyentuh ikan saat berbelanja di pasar, karena mereka sudah dapat menilai apakah ikan itu segar atau tidak dari penampilannya. (*/k-1)

Editor: Ade

Advertisements