Tak Terima Divonis 4 Tahun, Pendukung Habib Rizieq Shihab Bikin Rusuh di Luar PN Jakarta Timur

Advertisements

“Dua menjatuhkan pidana kepada terhadap terdakwa Muhammad Rizieq Shihab dengan pidana penjara selama 4 tahun,” tandas Ketua Majelis Hakim Khadwanto.

Polisi menghadang massa pendukung Habib Rizieq yang merangsek maju ke gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021)

JAKARTA, HALAMANSEMBILAN.COM – Tak terima junjungannya divonis 4 tahun penjara, massa pendukung Habib Rizieq Shihab membuat kerusuhan di sekitar gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021).

Mereka melempari polisi dengan batu. Ada yang menembak katapel ke polisi dengan biji gotri dan biji kelereng. Lainnya melempari dengan gelas dan botol air mineral.

Polisi pun merespon dengan mengejar dan menangkap para perusuh bersorban tersebut hingga ke lorong-lorong perkampungan sekitar gedung PN Jakarta Timur.

Tercatat 200 orang ditangkap polisi karena kepergok memegang katapel, potongan besi, pisau dan batu.

“Periksa dan tangkap perusuh yang bawa sajam dan lempari petugas. Serse amankan,” perintah Wakapolrestro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani saat sweeping di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021).

Vonis dan Banding

Usai mendengar putusan majelis hakim tentang kasus tes swab RS UMMI Bogor, Habib Rizieq melalui penasehat hukumnya menyatakan banding.

Hakim menilai Rizieq bersalah lantaran dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan telah menyampaikan kabar bohong atas kondisi kesehatannya selama dirawat di RS UMMI.

Selain itu, hakim juga menilai dari kebohongan yang disiarkan oleh Habib Rizieq dianggap telah menerbitkan keonaran di tengah masyarakat.

“Bahwa terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana turut serta dengan menyiarkan berita bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran,” kata Ketua Majelis Hakim Khadwanto di PN Jakarta Timur, Kamis (24/6/2021).

Majelis hakim kemudian menjatuhkan hukuman pidana terhadap Rizieq. Yakni lebih ringan dua tahun dari tuntutan yaitu 4 tahun hukuman penjara.

“Dua menjatuhkan pidana kepada terhadap terdakwa Muhammad Rizieq Shihab dengan pidana penjara selama 4 tahun,” tandas Ketua Majelis Hakim Khadwanto seperti dilansir dari suara.com

BACA JUGA:  Buitenzorg dan Mimpi Tentang Taman Eden

Sebelumnya, jaksa menuntut Habib Rizieq Shihab dengan hukuman 6 tahun penjara dalam kasus swab test RS UMMI.

Jaksa menyatakan Rizieq telah bersalah lantaran dianggap terbukti secara sah telah menyampaikan kabar bohong atas kondisi kesehatannya selama dirawat di RS UMMI.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap Mohammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq Shihab elama 6 tahun penjara dan dipotong masa penahanan terdakwa,” ucap jaksa. (*/k-0)

Editor: Ade

Advertisements

Advertisements