Presiden Jokowi Tiba di Ende, Besok Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Advertisements

Jokowi di Kota ende
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kota Ende, Selasa (31/5/2022) sore

ENDE, HALAMANSEMBILAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya tiba di Kota Ende, ibukota Kabupaten Ende, Provinsi NTT, Selasa (31/5/2022) sore.

Kedatangan presiden ke-7 Indonesia ini di bumi rahimnya Pancasila, langsung disambut ribuan warga di pintu keluar Bandar Udara Haji Hasan Aroeboesman. Tempatnya di Tugu Simpang Lima Kota Ende.

Ribuan warga ini tumpah ruah ke jalan, untuk melihat langsung dari dekat, wajah presiden yang dikenal sangat dekat dengan rakyat kecil ini.

Presiden Jokowi langsung turun dari mobil kepresidenan untuk menyapa warga yang menghadang di Tugu Simpang Lima.

Selain menyapa dan berfoto bersama warga, Presiden Jokowi dan ibu negara, Ny. Iriana Widodo, membagikan baju kaos bertuliskan nama Jokowi.

Usai menyapa warga, Presiden Jokowi dan rombongan menuju Hotel Grand Wisata untuk beristirahat.

Agenda Presiden Jokowi

Hari Rabu, 1 Juni 2022 pagi, Presiden Jokowi, dijadwalkan akan memimpin Upacara Hari Lahirnya Pancasila secara nasional.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan rombongan akan mengunjungi Kabupaten Ngada. Di sini Presiden Jokowi dijadwalkan blusukan ke Baru Bobou, Bajawa dan Kampus Bambu PT. Indo Bambu Lestari, di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa.

Keesokan harinya, Kamis (2/5/2022), Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Pulau Sumba mengunjungi Kabupaten Sumba Timur.

Di Sumba Timur, Presiden Jokowi akan melakukan penanaman sorgum secara simbolis dan panen sorgum serta berkunjung ke Pasar Inpres Waingapu .

Sementara itu, berbagai kegiatan menjelang peringatan hari Lahir Pancasila yelah dilaksanakan mulai dari Gerakan Cinta Rupiah dan Vaksin Massal yang dilaksanakan dari tanggal 20-21 Mei 2022.

Kegiatan lainnya adalah Parade Pesona Kebangsaan dilaksanakan 27-28 Mei 2022 dilanjutkan dengan Pameran Ekonomi Kreatif dan Pentas Seni Budaya Kepak Sayap Garuda dengan menghadirkan Gilang Ramdhan dan Ivan Nestorman tanggal 29-30 Mei 2022.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Pembekalan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Simposium Nasional Pembumian dan Penggeloraan Pancasila melibatkan siswa siswi SMP, SMA dan mahasiswa tanggal 31 Mei 2022.

Advertisements

Dilanjutkan dengan kegiatan Napak Tilas Penggalian dan Perumusan Pancasila 1918-1945 sekaligus Seminar Nasional merayakan Pemikiran Jenial Bung Karno tentang Pancasila di Ende.

Malam puncak Hari Lahir Pancasila adalah Konser Kebangsaan “Membumikan Pancasila dari NTT untuk Nusantara” dengan menghadirkan grup band papan atas seperti Slank, KLA Projek, Fanny KDI, Ivan Nesroman, Boy Clemens dan grup band lokal lainnya. (*/k-1)

Editor: Ade

Advertisements