Pelanggan Indihome dan Telkomsel Broadband di Kupang, Keluhkan Gangguan Internet

Advertisements

Gangguan hanya pada layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel). Sedangkan layanan SMS, telepon dan WhatsApp masih berjalan lumayan bagus.

ilustrasi

KUPANG, HALAMANSEMBILAN.COM – Sejak Minggu (19/9/2021) petang, para pelanggan indihome dan pengguna telkomsel broadband di Kota Kupang dan sekitarnya, mengeluhkan terjadinya penurunan kualitas jaringan internet.

Gangguan hanya pada layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel). Sedangkan layanan SMS, telepon dan WhatsApp masih berjalan lumayan bagus.

“Saya tidak bisa menggunakan layanan m-Banking untuk transfer uang ke kerabat di Kefamenanu karena gangguan internet,” keluh Anthonia Helena di WAG-nya, Minggu malam. Ia mengaku tidak tahu apa penyebabnya.

Keluhan yang sama disampaikan Wiwien Pitanuki, salah satu pelanggan Telkomsel di Kota SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

“Ada yang mengalami gangguan internet secara tiba-tiba kow?” tanya Wiwien di wall akun facebooknya.

Pertanyaan Wiwien dijawab teman-temannya, bahwa kondisi serupa juga terjadi di Rote, Sabu, Flores, Sumba dan Alor.

“Kecepatan jaringan internet di Indonesia, nomor dua terjelek di ASEAN. Sudah begitu paling mahal. Tapi pelayanan kepada pelanggan paling buruk. Selalu saja ada gangguan,” tulis Bastian di wall Facebooknya.

Saat dihubungi terpisah, PT Telkom Indonesia membenarkan adanya gangguan koneksi terhadap layanan internet besutannya.

Menurut SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, gangguan tersebut terjadi mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Ahmad mengatakan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak.

Gangguan ini mengakibatkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah di Indonesia.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” kata Ahmad melalui pernyataan resmi kepada KompasTekno, Minggu (19/9/2021).

Ia juga mengatakan saat ini pihak Telkom Indonesia tengah mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan ini. Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna yang terdampak.

Senada dengan Ahmad, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, juga mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Menurut Denny, gangguan jaringan Telkomsel dialami di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” kata Denny kepada KompasTekno.

Adapun gangguan ini hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel, sedangkan layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan dengan normal.

“Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” kata Denny. (*/k-1)

Editor: Ade

Advertisements

Advertisements