Kades Yang Gantung Anak Bawah Umur, Dibekuk di Pos Lintas Batas Negara RI – Timor Leste

Advertisements

“Iya. Sudah ditangkap aparat polisi yang bertugas di PLBN Motamasin, perbatasan RI – Timor Leste, kemarin pagi,” jelas Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast di Kupang, Rabu (30/10/2019).

Kades Babulu Selatan, Paulus Lau (berjaket hitam), dicegat dan ditangkap di Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Foto Istimewa

KUPANG, HALAMANSEMBILAN.COM – Kepala Desa Babulu Selatan, Paulus Lau, dibekuk aparat kepolisian di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Selasa (29/1/2019) pagi.

Paulus Lau dibekuk polisi karena terlibat persekusi terhadap seorang anak perempuan berusia 16 tahun. Kades Paulus Lau disebut-sebut yang berinisiatif mengikat tangan korban dengan tali nilon lalu digantung di kayu loteng rumah.

“Iya. Sudah ditangkap aparat polisi yang bertugas di PLBN Motamasin, perbatasan RI – Timor Leste, kemarin pagi,” jelas Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast di Kupang, Rabu (30/10/2019).

Kades Babulu Selatan Paulus Lau, kata Kombes Abast, langsung dibawa ke Polsek Kobalima untuk diperiksa. Kemudian dibawa ke Atambua untuk ditahan di Mapolres Belu bersama 6 tersangka lainnya yang sudah ditangkap.

Komandan Pos Polisi PLBN Motamasin, Albertus Fridus Bere, yang dihubungi wartawan dari Kefamenanu, juga membenarkan penangkapan Paulus Lau.

“Sudah ditangkap. Dan sudah diperika lalu digeser ke Polres Belu di Atambua,” tukasnya.

Sementara itu salah satu anak pelaku membantah keras informasi sang ayah melarikan diri ke Timor Leste.

“Bapak tidak melarikan diri. Tapi pergi melayat keluarga yang meninggal di Timor Leste. Saat pulang kembali, polisi langsung tangkap. Siapa bilang melarikan diri? Tulis berita jangan sembarangan ya,” umpatnya melalui telepon genggam.

Diberitakan sebelumnya, Tim Buru dan Sergap (Buser) Polres Belu, NTT dibantu aparta Polsek Kobalima membekuk 6 orang tersangka pelaku persekusi anak perempuan usia 16 tahun, Senin (28/10/2019). Sedangkan Kepala Desa (Kades) Babulu Selatan, Paulus Lau berhasil melarikan diri. Diduga ia melarikan diri ke wilayah Timor Leste.

“Sudah ditangkap 6 orang. Sedangkan kepala desanya belum berhasil ditangkap. Diduga telah melarikan diri ketika tahu Tim Buser hendak menangkap dia di kediamannya,” Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.Ik melalui Kasatreskrim AKP Sepuh Ade Irsyam Siregar, S.Ik, SH, MH, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Senin (28/10/2019) malam.

Siregar mengaku tidak tahu ke mana Kades Babulu Selatan, Paulus Lau, melarikan diri.

“Masih dicari. Pasti akan tertangkap, meski lari ke mana saja. Sebaiknya ia menyerahkan diri. Dari pada polisi bertindak tegas,” tukas Siregar memperingatkan. (jude)

Editor: Jude Lorenzo Taolin

Advertisements

Advertisements