Corona Terus Meningkat, Dubes AS Perintah Warganya Segera Tinggalkan Indonesia

Advertisements

“Di bawah Penasihat Kesehatan Tingkat 4 Global, warga AS yang saat ini berada di Indonesia harus mengatur waktu untuk segera kembali ke Amerika Serikat, kecuali mereka siap untuk tetap di luar negeri untuk waktu yang lama…”

JAKARTA, HALAMANSEMBILAN.COM – Kedutaan Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) mendesak warganya agar segera meninggalkan Indonesia. Pasalnya, kasus virus corona (covid-19) terus meningkat tajam.

Desakan ini disampaikan Kedubes AS lewat situs resminya, Senin (30/3/2020). Kedubes AS meminta warga AS mengatur jadwal kembali ke negaranya, kecuali bagi mereka yang berada di Indonesia dalam waktu lama untuk suatu keperluan.

“Di bawah Penasihat Kesehatan Tingkat 4 Global, warga AS yang saat ini berada di Indonesia harus mengatur waktu untuk segera kembali ke Amerika Serikat, kecuali mereka siap untuk tetap di luar negeri untuk waktu yang lama. Warga negara AS yang ingin meninggalkan Indonesia harus membuat pengaturan perjalanan mereka sendiri secepat mungkin, karena penerbangan komersial masih tersedia, meskipun pada tingkat yang sangat berkurang,” tulis pernyataan Kedubes AS untuk Indonesia.

Sementara itu, laporan resmi menyebutkan Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus virus Corona (COVID-19) tertinggi di dunia setelah mencatat 100.000 lebih kasus pada Sabtu kemarin.

Sedangkan jumlah korban meninggal pada Sabtu mencapai 2.100 lebih, atau dua kali lipat dibanding dua hari sebelumnya. Kini AS mencatat 122.000 kasus virus Corona, terbanyak dari negara manapun di dunia, dikutip dari Reuters, 29 Maret 2020.

Cina sendiri kini berada di posisi ketiga kasus tertinggi dengan 82.009 kasus dan telah selesai mengalami fase puncak wabah setelah nyaris nol kasus ditemukan, menurut data John Hopkins University yang mengumpulkan angka kasus virus Corona secara global.

Sementara Italia berada di posisi kedua dengan 92.472 kasus. Namun, Italia menjadi negara dengan kamatian tertinggi virus Corona dengan 10.023 kematian.

Hingga Ahad, kasus virus Corona di seluruh dunia mencapai setengah juta lebih atau 663.828 kasus yang dikonfirmasi, dengan total 30.780 kematian. (k-0)

Editor: Julianus Akoit

Advertisements

Advertisements

Advertisements