BREAKING NEWS – Mantan Menteri Penerangan Harmoko Tutup Usia

Advertisements

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate membenarkan informasi tersebut. Ia pun menyatakan dukacita atas wafatnya Harmoko.

Mantan Menteri Penerangan semasa Orde Baru, Harmoko

JAKARTA, HALAMANSEMBILAN.COM – Mantan Menteri Departemen Penerangan (sekarang Kementerian Komunikasi dan Informatika) Harmoko meninggal dunia.

Dia meninggal dunia pada Minggu (4/7/2021) malam.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate membenarkan informasi tersebut. Ia pun menyatakan dukacita atas wafatnya Harmoko.

“Kiranya almarhum Bapak Harmoko mantan Menteri Penerangan RI beristirahat dalam damai dan mendapat tempat yang layak dalam surga yang kekal,” kata Johnny saat dihubungi, Minggu malam, sebagaimana dirilis dari kompas.com..

Mantan Ketua Umum Golkar itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sekitar pukul 20.22.

Belum ada informasi mengenai penyebab wafatnya Harmoko.

Kabar meninggalnya Harmoko turut dibenarkan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

“Iya benar mas (Pak Harmoko meninggal dunia),” kata Bamsoet lewat keterangan tertulis.

Jargon: “Menurut Petunjuk Bapak Presiden”.

Almarhum dikenal sebagai tokoh orator yang luar biasa. Pada masa menjabat sebagai Menteri Penerangan, wajahnya selalu muncul di televisi. Terlebih setiap kali usai Sidang Kabinet. Harmoko langsung menyampaikan hasil sidang kabinet tersebut.

Menteri dengan sisiran rambutnya yang khas itu, dikenal dengan petikan kalimat yang sering didengar, “Menurut petunjuk Bapak Presiden…..”

Kemudian, Pak Harmoko juga sering menyampaikan harga kebutuhan pokok termasuk cabe keriting dan sebagainya. Dia pulalah yang memelopori adanya kegiatan Safari Ramadan, ketika menjabat Menteri Penerangan yang sekaligus Ketua Umum Golkar.

Haji Harmoko adalah Menteri Penerangan yang sangat popular pada masa pemerintah Presiden Soeharto. Harmoko juga pernah menjadi Ketua DPR/MPR, dan dialah yang mengetuk palu bahwa MPR meminta Presiden Soeharto untuk mundur.

Sebelum menjadi Menteri Penerangan, H Harmoko adalah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia. Pengalaman jurnalistiknya memang sangat panjang. Sejak tahun 1964 almarhum sudah menjadi wartawan Angkatan Bersenjata.

BACA JUGA:  Kisah Madame Curie Pemenang Nobel Dua Kali dengan Sang Gurunya

Kemudian menjadi wartawan API dan Pemred majalah berbahasa Jawa Mardiko pada tahun 1965, menjadi pemimpin dan penanggung jawab Harian Mimbar Kita.

Harmoko juga tercatat sebagai pendiri Koran Pos Kota, salah satu Koran yang pada masanya tercatat memiliki oplah tertinggi di Indonesia.

Selain pernah menjabat Menteri penerangan dan Ketua DPR/MPR, Harmoko juga pernah menjawab sebagai Ketua Umum DPP Golkar, kemudian Menteri Urusan Khusus Kabinet Pembangunan VI. (*/k-0)

Editor: Ade

Advertisements

Advertisements