Berkinerja Buruk, Gubernur Laiskodat Perintah Kadis Kesehatan NTT ‘Istirahat’ di Rumah Selama Tiga Bulan

Advertisements

Untuk mengisi kekosongan dua jabatan tersebut, Gubernur Laiskodat menunjuk Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT, Hendrina Laiskodat sebagai Penjabat Pelaksana Tugas (PLT) Kadis KKPS NTT dan Samy Halundaka sebagai Sekdis KKPS NTT.

Kadinkes NTT, dr. Messe Ataupah

KUPANG, HALAMANSEMBILAN.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat membebastugaskan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DKKPS) NTT, dr. Meserasi Ataupah.

Pasalnya Ataupah dinilai berkinerja sangat buruk. Karena itu ia disuruh beristirahat selama 3 bulan di rumah atau berlibur ke mana saja.

Selain itu Sekretaris Dinas (Sekdis) KKPS NTT, David Mandala ‘ditendang’ dari jabatannya lalu dimutasikan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) NTT.

“Kadis Meserasi Ataupah dibebastugaskan dengan mengambil cuti panjang dan disuruh beristirahat sekitar 3 bulan oleh Gubernur. Sedangkan Sekdis David Mandala dimutasi ke Dinas Penanaman Modal dan PTSP NTT. Mandala bertukar jabatan dengan Sam Halundaka (Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP,” ujar sumber yang dihubungi media ini melalui telepon selularnya, Selasa (22/6/21) pagi tadi.

BACA BERITA TERKAIT: MIRIS – APD dan BHP Covid-19 Senilai Rp 1,7 M Raib Dari Gudang Dinkes NTT, Begini Reaksi Kadinkes NTT

Menurutnya pelantikan Mandala dan Halundaka telah dilakukan Senin (21/6/21) kemarin.

“Pelantikannya sudah dilakukan. Mereka bertukar tempat. Mandala sebagai Kabid Promosi dan Penanaman Modal di BPM-PTSP NTT. Dan Halundaka sebagai Sekretaris Dinas KKPS NTT. Tadi pagi mereka sudah dilantik di Dinkes NTT oleh Asisten III Sekda NTT, Yohana Lisapali,” jelasnya sekaligus mengirim foto Mandala dan Halundaka usai pelantikan.

Untuk mengisi kekosongan dua jabatan tersebut, Gubernur Laiskodat menunjuk Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT, Hendrina Laiskodat sebagai Penjabat Pelaksana Tugas (PLT) Kadis KKPS NTT dan Samy Halundaka sebagai Sekdis KKPS NTT.

Ia menjelaskan, pembebastugasan Ataupah dan dimutasikannya Mandala tersebut terkait berbagai masalah di Dinas KKPS NTT.

“Salah satunya terkait masalah hilangnya Alat Pelindung Diri (APD) dan Barang Habis Pakai (BHP) Covid-19 di Gudang Farmasi Dinas KKPS NTT,” ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Hal senada juga dikatakan sumber lain yang dikenal dekat dengan Gubernur Laiskodat di Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Sumber yang tak mau namanya disebutkan, menghubungi media ini pada Jumat pekan lalu.

Untuk mengisi kekosongan pejabat di Dinas KKPS NTT untuk sementara, lanjutnya, Gubernur Laiskodat menunjuk Ina Laiskodat sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Kadis KKPS NTT.

“Pak Gub tunjuk Kepala BKD, Ina Laiskodat sebagai PLT. Kadis Kesehatan NTT dan Sam Halundaka sebagai Sekretaris,” bebernya.

Menurutnya, Gubernur Laiskodat akan berkantor di Dinkes NTT minggu depan.

“Sesuai rencana, Gubernur Laiskodat akan berkantor di Dinas Kesehatan NTT pada Rabu (23/6/21). Sekarang (Sabtu, 19/6/21, red) gubernur ada di Bali. Rencananya gubernur akan berkantor di Dinas KKPS NTT pada Hari Rabu (23/6/21). Karena itu, para pegawai Dinas Kesehatan NTT sudah mulai melakukan kegiatan bersih-bersih sejak pagi tadi (Jumat 18/6/21),” ujarnya.

Sementara itu, sumber lainnya juga mengungkapkan hal yang senada kepada Tim Media ini pada Senin (21/6/21).

“Gubernur menonaktifkan Kadis Mese Ataupah dan Sekretaris David Mandala,” tulisnya melalui pesan Whats App/WA.

Menurutnya, PLT. Kadiskes NTT, Henderina Laiskodat telah memimpin rapat perdana di dinas tersebut pada Senin (21/6/21) pagi.

“Tadi pagi Ibu Ina Laiskodat sudah pimpin rapat perdana di Dinas Kesehatan NTT,” tulisnya sekaligus mengirim foto PLT. Kadis KKPS, Ina Laiskodat yang sedang memimpin rapat perdana.

Kepala Dinas KKPS NTT, Meserasi Ataupah yang berusaha dikonfirmasi Tim Media ini via pesan WA tidak memberikan respon walaupun pesan tersebut telah dibaca.

Sementara itu, Sekretaris Dinas KKPS yang baru dilantik, Samuel Halundaka yang dikonfirmasi via pesan WA pagi tadi, membenarkan bahwa ia telah dilantik sebagai Sekretaris Dinas KKPS NTT pada Senin (21/6/21) di Dinas KKPS NTT oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekda NTT atas nama Gubernur NTT.

“Iya kami berganti tempat kerja saja. Mutasi dan rotasi itu biasa bagi setiap ASN. Sebagai ASN, saya siap ditempatkan dimana saja di Republik ini,” ujarnya. (k-1/sf/tim)

Editor: Ade

Advertisements

Advertisements

Advertisements