ASTAGA- Sekolah Ini Paksa Siswi Non Muslim Pakai Jilbab

Advertisements

“Saya atas manajemen sekolah meminta maaf kepada siswi tersebut dan orangtuanya maupun pihak lain yang merasa tidak nyaman atas kebijakan sekolah yang sangat sepihak tersebut,” jelas Rusmadi, Kepsek SMK Negeri 2 Padang di hadapan para wartawan, Jumat (22/1/2021).

Ilustrasi siswi berjilbab

PADANG, HALAMANSEMBILAN.COM – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Padang di Sumatera Barat, jadi viral. Pasalnya, manajemen sekolah ini memaksa siswi non muslim memakai jilbab saat berada di sekolah.

Padahal tidak ada aturan Mendiknas maupun keputusan gubernur Sumatera Barat yang mewajibkan siswi non muslim memakai jilbab di sekolah.

Kasus ini sedang diselidiki oleh sebuah tim khusus dari Kantor Dinas Pendidikan setempat.

Jika terbukti bersalah, Kepsek, Wakil Kepsek Urusan Kesiswaan ditambah guru Bimbingan dan Konseling terancam dicopot.

Sebab pemaksaan menggunakan jilbab bagi siswi non muslim adalah pelanggaran HAM berat dan bertentangan dengan Pancasila dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Kasus ini terungkap setelah orangtua siswi tersebut bernama Elianu Hia dipanggil menghadap ke sekolah, Kamis (21/1/2021) pagi, karena anak gadisnya, Jeni Cahyani Hia, menolak memakai jilbab.

Saat bertemu Wakil Kepsek Urusan Kesiswaan itulah, Elianu Hia membuat video siaran langsung di aplikasi Facebook. Sejenak kemudian menjadi viral dan dibagikan ratusan kali di akun medsos lainnya.

Dalam video tersebut, Elianu Hia terlibat adu argumen yang sengit dengan Wakil Kepsek bernama Zakri Zaini.

Ia meminta Zakri menunjukkan aturan Mendiknas RI dan Gubernur Sumatera Barat yang mewajibkan siswi non muslim memakai jilbab di sekolah.

“Memang tidak ada aturan dari Mendiknas RI dan Peraturan Gubernur. Tapi ini aturan sekolah,” kilah Zakri Zaini.

Tidak ada kata sepakat, Elianu menyewa seorang pengacara dan melaporkan kasus ini kepada polisi.

“Saya atas manajemen sekolah meminta maaf kepada siswi tersebut dan orangtuanya maupun pihak lain yang merasa tidak nyaman atas kebijakan sekolah yang sangat sepihak tersebut,” jelas Rusmadi, Kepsek SMK 2 Padang dihadapan para wartawan, Jumat (22/1/2021), sebagaimana dikutip dari detik.com.

Ia menegaskan Jeni Cahyani Hia tetap bersekolah di SMK Negeri 2 Padang dan dipersilahkan tidak menggunakan jilbab. Dan sudah dibuat kesepakatan secara tertulis. (k-1/detik.com)

Editor: Julianus Akoit

Advertisements

Advertisements

Advertisements