30 Juni KPU Tetapkan Jokowi – Ma’ruf Capres Terpilih

Advertisements

“Pascaputusan MK, kami putuskan pertama kami akan menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih pada Minggu 30 Juni 2019, bertempat di Kantor KPU RI dimulai pukul 15.30 WIB,” kata Arief dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

JAKARTA, HALAMANSEMBILAN.COM – Menurut rencana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai pasangan calon terpilih Pilpres 2019 pada Minggu (30/6/2019).

Keputusan itu diambil dalam rapat pleno KPU menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (27/6/2019).

“Pascaputusan MK, kami putuskan pertama kami akan menyelenggarakan rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih pada Minggu 30 Juni 2019, bertempat di Kantor KPU RI dimulai pukul 15.30 WIB,” kata Arief Budiman dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Arief menyampaikan rangkaian acara penetapan paslon terpilih akan berlangsung hingha pukul 17.00 WIB. Dan KPU akan mengirim undangan rapat pleno itu kepada pihak-pihak terkait mulai Jumat pagi.

“Kami akan undang penyelenggara, Bawaslu, DKPP. Kami juga akan undang kementerian/ lembaga terkait yang disebut di undang-undang akan menerima salinan dari kami, yaitu Sesneg, MA, DPR, MPR, MK,” ujarnya.

Selain itu, KPU juga mengundang Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi dalam kesempatan itu. Dua paslon juga diberi jatah 20 undangan bagi pendamping mereka.

Arief menuturkan KPU berharap Jokowi dan Prabowo bisa merajut silaturahmi pertama usai pemilu di kesempatan ini.

“Kami berharap dua paslon bisa konferensi pers bersama. Mudah-mudahan keduanya bisa menyempatkan hadir,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah melalui proses sidang yang melelahkan, Mahkamah Konstitusi (MK) memutus menolak seluruh permohonan sidang sengketa Pilpres 2019 yang diajukan tim hukum pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Majelis hakim konstitusi yang diketuai Anwar Usman menyatakan berdasar Rapat Permusyawaratan Hakim menyimpulkan pokok permohonan Prabowo-Sandi tidak beralasan menurut hukum.

“Amar putusan mengadili, menyatakan dalam eksepsi, menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” demikian putusan MK yang dibacakan Anwar dalam sidang di Gedung MK, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Sidang pembacaan putusan ini sendiri dimulai sejak pukul 12.30 WIB hingga sekitar pukul 21.16 WIB. (ade/sumber: cnn indonesia)

Editor: Julianus Akoit

Advertisements

Advertisements