SUNGGUH SEDIH! Guru Honor di Kota Kupang – NTT Cuma Digaji Rp 100 ribu/Bulan

Advertisements

“Saya tinggal di Baun dan tiap hari saya ke Nefosaka untuk mengajar. Jarak rumah ke sekolah sekitar 45 kilometer. Saya pakai sepeda motor butut. Gaji saya ini Rp 100.000 itu kadang tidak cukup untuk beli bensin sampai satu bulan,” katanya.

KUPANG, HALAMANSEMBIAN.COM – Sangat menyedihkan memang. Ditemukan fakta, guru honor di Kotamadya Kupang, Provinsi NTT, digaji sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 250 ribu per bulan.

Sebab besar honor guru komite bersumber dari uang komite atau jumlah siswa di sekolah tersebut. Makin besar jumlah siswa, maka makin besar honor komite yang diterima sang guru.

Sedangkan guru honorer K2 tetap dibayar sesuai UMP Kota Kupang yaitu sebesar Rp 1.750.000 per bulan.

Seorang guru honor komite di SDN Nefosaka, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang yang minta namanya jangan dipublikasi mengaku, ia sudah mengabdi lebih dari 5 tahun di sekolah itu.

“Saya tinggal di Baun dan tiap hari saya ke Nefosaka untuk mengajar. Jarak rumah ke sekolah sekitar 45 kilometer. Saya pakai sepeda motor butut. Gaji saya ini Rp 100.000 itu kadang tidak cukup untuk beli bensin sampai satu bulan,” katanya.

Ditanyai mengapa masih bertahan dan terus mengajar? “Saya kasihan kepada anak-anak. Mereka masa depan bangsa ini. Dan saya guru pertama yang mengajar ketika sekolah itu didirikan dalam keadaan gedung darurat. Kasihan kalau saya tinggalkan,” katanya dengan nada sedih.

“Setiap pulang mengajar, saya cari kerja serabutan di luar. Untuk menambah asap dapur di rumah tetap mengepul. Pokoknya dicukup-cukupkan sajalah,” tukasnya pasrah ketika ditanya bagaimana mencukupi kebutuhan hidup selama sebulan.

Sekretaris BPPKD Kota Kupang , Paulce Amalo mengatakan, jumlah PTT yang ada di Kota Kupang sesuai SK terakhir 2019 sebanyak 1.728 orang.
Ditanyai soal pembayaran gaji, ia mengatakan, bagi PTT itu dibayar sesuai UMP, yakni Rp 1.750.000 per bulan.

Ditambahkan, pembayaran juga saat ini disesuaikan dengan masa kerja. “Ada standar gaji sesuai masa kerja, lima tahun dan 10 tahun berbeda gajinya. Tapi umumnya sesuai standar UMP, Rp 1.750.000 per bulan,” katanya.

Terkait gaji guru honor komite, ia mengatakan, honor komite itu diatur di sekolah masing-masing.

“Mau bagaimana lagi? Aturan perundang-undangan di negeri ini seperti itu. Gaji guru honor ditentukan dan disesuaikan dengan kas keuangan komite sekolah. Kasihan juga,” katanya prihatin.

Asisten III Sekda Kota Kupang, Thom Ga mengatakan, untuk tenaga PTT di Kota Kupang upahnya dibayar sesuai masa kerja, yakni untuk yang 1 tahun hingga 5 tahun masa kerja, digaji Rp 1.750.000 per bulan, sedangkan masa kerja 5 tahun sampai 10 tahun digaji Rp 1.850.000 per bulan. (k1)

Editor: Julianus Akoit

Advertisements

Advertisements