Pantai Kelapa Tinggi, ‘Surga’ di Bibir Teluk Kupang

KELAPA TINGGI – Inilah salah satu spot di Pantai Kelapa Tinggi. Sungguh indah menawan hati.

DARI ketinggian awan, Dusun Kelapa Tinggi, bak mutiara hijau di bibir pantai Teluk Kupang. Warna laut yang membiru dipadu putih pasir yang mengkilap, membungkusnya dalam diam yang menarik ingin. Rumbai-rumbai daun pohon kelapa menjulang ke langit, melambai-lambai ditiup angin, serasa perawan manja memanggil datang.

Dari sebelah timur, dari ketinggian bukit di Tilong, Dusun Kelapa Tinggi, dibungkus kabut tipis dan samar-samar. Petak-petak sawah yang menguning campur hijau lumut menyelip di antara ribuan pohon kelapa, memanjakan mata. Menenangkan jiwa yang letih. Biar cuma sebentar saja.

Suatu siang. Dari kerimbunan daun dan tajuk pohon bakau, deburan ombak pantai mendesir-desir di bibir Pantai Kelapa Tinggi. Seekor camar  mencumbui laut, lalu bergegas pergi membawa seekor ikan dalam cengkraman kakinya yang mungil. Hembusan angin pantai mengayun kersik daun bakau bercampur suara lengkingan angsa laut.

Siang itu. Di bawah rimbun pohon bakau. Om Otnial Ndoen menunjuk ke arah barat. “Nanti di sana mau dibangun fasilitas pariwisata. Pantai Kelapa Tinggi akan menjadi daerah tujuan wisata. Pantai ini masih perawan,” tukasnya memecah kesunyian pantai.

Menurut Om Otnial, salah salah satu warga Dusun Kelapa Tinggi, pantai di sana masih belum dijamah oleh siapa pun. Masih asli. Pasir putih menghampar luas, sejauh mata bisa menangkap. “Pantai Kelapa Lima di Kupang sudah penuh dengan gedung-gedung hotel mewah. Di sini, di Pantai Kelapa Tinggi, masih sepi dan asli. Ini menjadi pilihan menarik bagi warga Kota Kupang, jika ingin menepi dan menyingkir dari aktivitas yang padat dan melelahkan,” kata pria ini seakan berpromosi.

Ia mengatakan keinginan Pemkab Kupang melengkapi pantai itu dengan sarana dan prasarana seperti beberapa unit lopo (rumah payung dari alang-alang), MCK, beberapa kios sorvenir akan menjadi magnet. “Pasti banyak orang akan datang. Para penjual makanan dan minuman ringan juga akan mengais rezeki di sini. Para ibu di sini juga akan berjualan buah kelapa segar. Semua orang di Kupang tahu, buah kelapa muda dari Dusun Kelapa Tinggi, adalah minuman paling segar, daging kelapanya lembut, tidak sama dengan buah kelapa muda dari tempat lainnya,” jelas pria Rote ini.

Ketua RW 04 Dusun Kelapa Tinggi, Jerimias Adoe, berpendapat sama. Dikatakan jika Pemkab Kupang serius mengembangkan Pantai Kelapa Tinggi, pasti akan mendongkrak pendapatan ekonomi warga setempat. Roda perekonomian akan bergulir seiring kedatangan para pelancong dan wisatawan.

“Tapi kami berharap Pemkab Kupang juga segera memasang jaringan listrik masuk ke dusun ini. Biar saat malam, ketika orang menikmati kerlap-kerlip lampu nelayan di pantai, merasa nyaman,” kata Adoe berharap.

Adoe dan Ndoen juga meminta agar Pemkab Kupang membuat jalan aspal masuk ke dusun itu. “Jalan yang ada terlalu sempit. Jembatan juga terbuat dari bantalan papan, kayu dan batang kelapa. Itu kurang bagus. Jadi banyak yang harus dibenahi agar pantai Kelapa Tinggi menjadi pantai yang indah di bibir Teluk Kupang,” tambah Ndoen. Semoga pinta ini didengar dan mimpi itu jadi kenyataan. (*)

Laporan & Editor: Julianus Akoit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here