Nikmati Kemolekan Teluk Kupang dan Sawah Menghijau dari Bukit Dendeng

PEMANDANGAN – Salah satu spot wisata alam. Menikmati kemolekan bukit, laut dan sawah di Noelbaki, Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT. Foto: Julianus Akoit
WARGA Kota Kupang dan sekitarnya, umumnya berdomisili sekitar Teluk Kupang. Karena itu wisata laut/bahari sudah menjadi hal yang biasa.
Kalau sudah jenuh, pasti langsung ‘main’ ke tepi pantai di Teluk Kupang. Ya, sekedar menikmati deburan ombak yang memecah di karang atau desiran ombak yang mendesir di bibir pantai, maupun pekikan suara burung camar yang mencumbui laut.
Atau juga desau angin pantai yang menerpa daun-daun lontar, pohon kelapa dan pohon cemara di tepi pantai.
Semua itu ibarat musik alam yang sangat harmoni yang meneduhkan pikiran dan perasaan. Sangat indah memang.
Jika setiap hari atau setiap minggu menikmati spot alam di tepi pantai yang itu-itu juga, tentu membosankan. Nah, bagaimana kalau kita mencobai tantangan baru, yang lebih indah dan mendebarkan. Apa itu?
Oke, sudah pernah menikmati keindahan Teluk Kupang sekaligus  areal persawahan yang menghijau? Ditambah bonus menikmati sunrise di pagi hari atau sunset yang indah di sore hari? Belum khan?
Nah, datang saja ke Bukit Dendeng, di Desa Noelbaki, di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Cuma butuh waktu 15 menit dari Kota Kupang dengan mengendarai kendaraan apa saja. Sebab jalan aspal mulus membentang sampai ke lokasi.
Sampai di persimpangan Tilong, Desa Noelbaki, belok kanan masuk perkampungan Dusun Dendeng, menuju arah Bendungan Tilong. Jalan terus mendaki Bukit Dendeng. Sampai di persimpangan Stasiun Radio Sahabat FM, jalan terus ke depan sekitar 50 meter. Dan ketemu jalan baru Poros Selatan yang sementara dibangun di pinggang Bukit Dendeng. Masuklah lewat jalan itu.
Kira-kira 100 meter, pasti Anda akan menemukan spot pemandangan yang indah. Yakni hamparan persawahan seluas 500 hektar lebih yang membentang dari kaki Bukit Dendeng hingga ke tepi pantai di Teluk Kupang.
Hamparan persawahan ibarat permadani hijau dari surga yang membentang ditambah bonus lautan biru yang mengepung areal persawahan dari Teluk Kupang. Ada rumah penduduk yang menyembul satu-satu dari balik pepohonan dan bibir sawah, menambah eksotisnya pemandangan itu.
SAWAH – Menikmati hamparan persawahan yangnmenghijau, dapat menyegarkan pikiran dan menenangkan perasaan. Foto: Julianus Akoit
Untuk menikmati spot alam yang indah ini, datanglah di pagi hari untuk hunting sunrise atau di sore hari untuk mendapatkan bonus sunset dari Teluk Kupang.
Dijamin, Anda tidak akan kecewa. Dan pasti akan kembali bersama keluarga atau kekasih untuk menikmati sekeping surga dari ketinggian Bukit Dendeng, yang membentang dan menghampar jauh di bawah sana. (*)
Laporan & Editor: Julianus Akoit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here