John Bartunek: Dulu Aktor Ganteng, Jadi Rebutan Cewek Seksi, Sekarang Jadi Pastor Terkenal

Advertisements

Kisah perjalanan hidup John Bartunek hingga menjadi pastor Katolik yang terkenal seperti sekarang terbilang unik dan mengagumkan. Dulu, ia adalah seorang pemeluk agama Kristen Evangelis yang taat. Tapi akhirnya ia masuk Katolik. Tak sampai di situ saja, ia pun memutuskan masuk seminari hingga menjadi pastor. Inilah kisah lengkap panggilan hidup John Bartunek.

John Bartunek datang dari sebuah keluarga pemeluk Agama Kristen Evangelis di Amerika Serikat. Sejak kecil, ia adalah seorang anak yang taat dalam hal-hal keagamaan, khususnya ajaran Kristen Evangelis.

Saat menjalani studi sebagai mahasiswa di Stanford University, Amerika Serikat, ia juga menyambi sebagai guru SMA, pelatih drama, dan pelatih bisbol. Ia menyelesaikan studinya dengan meraih gelar BA di bidang sejarah dari Stanford University pada 1990.

Setelah menuntaskan kuliah, Bartunek mulai tertarik untuk menjadi Katolik. Ia pun mulai belajar tentang agama Katolik. Setahun kemudian, pada 1991, ia dibaptis menjadi Katolik.

Dengan wajah tampannya, Bartunek mudah untuk mengembangkan bakat dan profesinya. Tak tanggung-tanggung, pemuda berparas menawan itu merambah ke dunia film. Bartunek pun mulai menjadi aktor profesional di Chicago, Amerika Serikat. Wajah tampannya, menyeret ia masuk dalam dunia glamour bersama cewek-cewek cantik dan seksi. Namun, rupanya dunia acting tak membuatnya nyaman.

Pada 1993, Bartunek memutuskan masuk seminari dengan bergabung ke Kongregasi Legionaries of Christ (LK). Mulai saat itulah ia mengawali kisah panggilannya menjadi imam. Sepuluh tahun kemudian, 2003, Bartunek menerima tahbisan imamat. Berkat kecerdasaannya di atas rata-rata, kongregasinya mengutus dia untuk belajar teologi moral dan selesai pada 2010.

Setelah itu, ia mulai mengembangkan retret Katolik berbasis media internet. Sampai sekarang, ia terus membagikan tips berdoa bagi umat Katolik, khususnya retret dan meditasi, melalui beberapa media online. Misalnya, ia menjadi pembibing retret online di RCSpirituality.org dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kehidupan spiritual di SpiritualDirection.com.

Pengalamannya sebagai aktor di masa lalu juga ternyata sangat berguna saat ia sudah menjadi pastor. Saat proses syuting film The Passion of the Christ, film tentang kisah penyaliban Tuhan Yesus yang sangat terkenal itu, Pastor Bartunek menjadi penasihat spiritual yang hadir di lokasi selama syuting.

Ia kemudian menulis sebuah penjelasan yang sangat logis tentang film itu dalam tulisan “Inside the Passion”. Sampai sekarang, tulisannya itu dianggap sebagai penjelasan teologis tentang film The Passion of the Christ yang paling bisa diterima oleh Gereja Katolik. Ia juga menulis banyak buku seputar panduan berdoa secara Katolik melalui retret dan meditasi.

Sekarang, Pastor Bartunek menjadi salah satu Pastor Katolik yang sangat terkenal karena harus menangani berbagai hal. Di Amerika, ia pembimbing spiritual dan bapak pengakuan di Queen of the Family Retreat Center di Michigan.

Sementara di Roma, ia juga menjadi dosen teologi di Pontifical Athenaeum Regina Apostolorum Roma, Italia. Selain itu, Pastor Bartunek juga masih menjadi komentator untuk isu-isu keagamaan di beberapa media internasional seperti NBC, CNN, Fox, dan BBC. (Wan Ping/FB)

Editor: Julianus Akoit

Advertisements

Advertisements