Gara-Gara Bunuh Seekor Babi, Seorang Petani di Cina Kaya Mendadak

HALAMANSEMBILAN.COM, SHANGHAI — Seorang penduduk desa di China bisa mendadak kaya raya karena menemukan batu empedu babi. Pasalnya, para ahli rela memperkirakan isi perut babi itu dapat dijual hingga Rp8 miliar.

Bezoar merupakan batu di saluran pencernaan berisi gumpalan rambut dan bahan-bahan yang tidak dapat dicerna. Praktisi pengobatan tradisional China menyebutnya ‘harta karun babi’. Mereka percaya bezoar itu dapat membersihkan tubuh dari racun, dan nilainya semakin mahal karena kelangkaannya.

Bo Chunlou (51) adalah orang yang beruntung itu. Ia menemukan bezoar sepanjang 10,16 cm dan lebar 6,8 cm di kantong empedu babi pada Agustus. Bo menemukan harta karun itu saat memotong seekor anak babi berumur delapan tahun seberat 250 kg di ladangnya di Ju County, Rizhao, Shandong, China timur.

Bo sendiri awalnya tak tahu nilai luar biasa penemuannya itu hingga tetangganya mengatakan bahwa isi perut babi itu punya nilai pengobatan yang sangat besar.

Bo pun tidak serta-merta percaya. Ia segera mengajak anaknya, Bo Mingxue (26), untuk ke kota pelabuhan utama Shanghai dan menghabiskan 4.500 poundsterling (Rp80 juta) demi mendapatkan penilaian dari para ahli.

Pasangan ayah-anak itu diberi tahu bahwa harga pasar untuk bezoar babi dengan ukuran tersebut mencapai 450 ribu poundsterling (sekira Rp8 miliar). Harga mahal itu hanya berlaku untuk bezoar yang ditemukan di kantong empedu binatang. Bezoar yang ditemukan di perut, tidak ada harganya.

Bo kini mengantongi sertifikat penilaian untuk ditunjukkan pada pencari ‘Harta Karun Babi’. Ia akan menerima penawaran mulai dari 112.120 poundsterling (Rp2 miliar) untuk bezoar temuannya. (*)

Editor: Julianus Akoit. Sumber: Metro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here